Kamis, 23 September 2021

Ali Kalora Tewas, Pakar Hukum : MIT Perlu Segera Ditumpas

Aparat berhasil melumpuhkan Ali Kalora (net)
PAKAR Hukum Pidana, Suparji Ahmad mengapresiasi tindakan Satgas Madago Raya yang berhasil menembak dua anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Di mana salah satu yang ditembak mati adalah Ali Kalora. 

"Langkah tersebut sudah tegas, tepat dan terukur mengingat Ali Kalora bersama-kawannya bersenjata sehingga berpotensi melukai petugas. Mengingat track record Ali Kalora berkali-kali menyerang petugas, bahkan warga sipil," katanya dalam keterangan pers. 

Ia juga mengatakan bahwa idealnya, seorang yang melalukan tindak pidana dibawa ke meja hijau untuk diadili. Akan tetapi, bila yang bersangkutan bersenjata dan mengancam keselamatan petugas maka sah bila petugas melakukan tindakan tegas dan terukur. 

"Kita tentu mengharapkan DPO MIT yang tersisa bisa ditangkap hidup-hidup kemudian dibawa ke persidangan. Namun bila mereka menyerang petugas menggunakan senjata api atau rakitan, memang sebaiknya dilakukan tindakan tegas dan terukur," ucapnya. 

"Kecuali bila 4 orang yang tersisa ini turun gunung dan menyerah kepada petugas. Maka sangat dimungkinan dibawa ke ranah peradilan," sambungnya. 

Selain itu, karena hanya tersisa 4 orang, Suparji berharap problem MIT bisa diselesaikan dengan cepat. Mengingat upaya penumpasan ini sudah berlangsung cukup lama dengan berbagai nama operasi dan memakan biaya. 

"Operasi penumpasan MIT sebaiknya tak berlarut-larut. Nantinya, jika persoalan di Poso sudah selesai, TNI-Polri bisa fokus mengatasi masalah teroris di Papua," pungkas akademisi Universitas Al-Azhar Indonesia ini. (*/kg)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

POPULER

INFO CUACA SULTENG